Dear Pendaki, Mulai Maret 2017 Pengelola Gunung Rinjani Akan Menerapkan Aturan ‘Sampah Berbayar’

 

gunung-indonesia.com — Ditahun depan, tahun 2017. Tak hanya Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang akan menerapkan aturan terbaru yang berfokus terhadap penanganan sampah gunung, begitupun Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) yang berencana menerapkan aturan ‘Sampah berbayar’ mulai Maret tahun 2017. 

“Per 1 April 2017, kita akan berlakukan sampah berbayar untuk para pendaki Rinjani,” tegas Faozal, Kepala Dinas Pariwisata NTB saat ditemui wartawan seusai meluncurkan Kalender Pariwisata NTB di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta, Kamis malam (15/12/2016).

Mekanisme sampah berbayar ini dimulai ketika pendaki mendaftar ke pihak TNGR. Sebelum mendaki Rinjani, calon pendaki akan dicatat semua barang bawaannya, termasuk produk-produk yang akan menjadi sampah. Selanjutnya pihak TNGR akan memperkirakan jumlah sampah yang nantinya akan dihasilkan oleh pendaki dengan hitungan 1 kilogram sampah bernilai 100 ribu berlaku kelipatan. Pendaki dan pihak TNGR kemudian membuat kesepakatan, jika sampah tidak dibawa turun maka uang jaminan akan hangus. Namun sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai tata cara pengembalian uang jaminan tersebut, mengingat para pendaki gunung Rinjani kebanyakan melintasi jalur yang berbeda  saat Naik dan Turun Gunung. Contoh : Naik Jalur Sembalun, Turun Jalur Senaru.

Kita nantikan saja informasi selanjutnya dari pihak TNGR, Mudah-mudahan regulasi ini berjalan baik dan jika perlu dikaji lebih dalam lagi. Mengingat permasalahan sampah rinjani bukan hanya berasal dari pendaki, tak jarang “Porter nakal” juga tak memberi contoh yang baik. Sebagai upaya antisipasi alangkah baiknya jika pihak pengelola juga memberikan sosialisasi/briefing tentang aturan dan larangan yang berlaku, kepada sesiapapun baik pendaki, porter, guide dan pelaku wisata lainnya sebelum mendaki gunung Rinjani.

Gimana guys tanggapannya ? Setuju atau tidak aturan terbaru Rinjani yang satu ini ?

Baca Juga : ( Setuju Atau Tidak ? Mulai Tahun 2017 Botol Air Minum Kemasan Dan Tisu Basah Dilarang Dibawa Ke Gunung Gede Pangrango )

Facebook Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *