Erupsi Gunung Barujari Kian Mengecil

gunung indonesia – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), HM Zainul Majdi, Rabu (11/11) mengatakan, erupsi gunung Barujari kian mengecil dalam beberapa hari terakhir ini. Meski demikian, perubahan cuaca menyebabkan abu vulkanik gunung tersebut masih menyebar dan mengganggu penerbangan. Gubernur yang menerima kabar terkini dari erupsi gunung Barujari tiap tiga jam sekali itupun langsung meminta BPBD untuk mengambil tindakan. Pihaknya juga berharap agar udara di kawasan NTB kembali bersih setelah pulau Lombok diguyur hujan sejak dua hari terakhir ini.

Sebagaimana informasi dari Kementarian Perhubungan Memutuskan untuk memperpanjang Penutupan Dua bandara Udara Di Pulau Lombok Nusa Tenggara barat Hingga hari kamis (12/11) hari ini. Penutupan diestimasikan akan terjadi hingga pukul 0845 waktu Indonesia Barat (WIB) pada hari ini.

Kepala Pusat Komuniksai Kemenhub JA menyampaikan berdasarkan notam nomor B2778/15 dan Notam Nomor C3563/15, Bandara Internasional Lombok (Lombok Praya) dan Bandara Selaparang Lombok Ditutup Hingga kamis ini.

Ja Barata mengatakan bahwa Estimasi hingga esok karena masih terdampak aktifitas dari Gunung berapi Rinjani permasalahan utama dari Gunung Rinjani adalah Abu Vulkanik yang dapat mengganggu Penerbangan Jika penerbangan tetap dilaksanakan.Semantara Arfian Wahyudi (30) salah satu warga di kota Mataran Lombok mengatakan warga masih beraktifitas hingga hari ini seperti biasa. Pihak dinas Kesehatan Mataran Sudah menginstruksikan Kepada warga untuk terus waspada atas dampak kesehatan debu Vulkanik.

Namun bebarapa warga menurut Arfian telah mengenakan masker namun mayoritas memilih untuk tidak mengenakan Masker karena menganggap Situasi ini masih tergolong biasa. Arfian juga memaparkan bahwa memang sempat ada hujan abu sekitar tiga hari yang lalu. Abu Vulkanik yang turung tersebut memiliki intensitas yang sangat rendah. Abu Vulkanik sangat tipis dan hanya terlihat jika menumpuk di Mobil misalnya.

346178_gunung-barujari--anak-gunung-rinjani-lombok-meletus_663_382

Semantara itu Petugas Vulkanologi di pos Gunung Rinjani Mutaharlin mengungkapkan bahwa erupsi Gunung Barujari berupa aliran lawa telah menyebabkan  kenaikan Volume permukaan Danau Segara Anak Gunung Rinjani di Pulau Lombok Nuasa Tenggara Timur ( NTT ).

Ia menjelaskan bahwa hingga sekarang aliran Lava sudah mengalir kea rah timur laut Gunung Baru ajari dan sudah masuk ke Danau Segara Anak dengan jarak sekitar 400 meter. Gunung Barujari dengan ketinggian 2,376 meter dari permukaan Laut dan berada di sisi timur kaldera Gunung Rinjani meletus pada Minggu 25 Oktober 2015 pada pukul 10.45 WITA.

(smeaker.com & suaramerdeka.com)

Facebook Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *