Gunung Marapi dan Asal usul Nenek Moyang Orang Minagkabau

gunung-indonesia.com — Keberadaan Gunung Marapi sangat kental karena mempunyai nilai historis bagi masyarakat Minangkabau, Sumatera Barat. Konon nenek moyang orang Minangkabau berasal dari lereng Gunung Marapi, hal ini ditandai dengan terdapatnya Nagari Pariangan di Kabupaten Tanah Datar. Nagari Pariangan merupakan cikal bakal dari lahirnya sistem pemerintahan masyarakat berbasis nagari di Sumatera Barat.

Gunung Marapi antara tahun 1900 – 1950. Courtesy Tropenmuseum Belanda
kawah marapi antara tahun 1925 – 1935. Courtesy Tropenmuseum belanda

De Rooy dalam Amir MS (2001:47) menyebutkan nagari yang paling tua adalah Nagari Pariangan. Dari nagari inilah kemudian masyarakat Minangkabau menyebar dan menempati berbagai daerah. Daerah yang baru tersebut kemudian berkembang menjadi bentuk nagari baru, salah satu contohnya, menurut salah satu versi tambo, adalah Nagari Koto Gadang (Azizah Etek, et.al., 2007:4)

Nagari merupakan sistem pemerintahan yang berdiri sendiri. Tidak ada pemerintah di atas nagari. Nagari merupakan “republik mini” yang diperintah secara demokratis oleh anak nagari, sebutan penduduk nagari (Etek, et.al., 2007:6). Dalam pemerintahan nagari, pengambilan keputusan yang berkaitan dengan kepentingan umum berdasarkan pada musyawarah mufakat.

Referensi : gosumatera.com & melayuonline.com

Facebook Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *