Gunung Marapi Meletus Diiringi Hujan Lebat dan Gempa

gunung indonesia – Pada tanggal 14 November hujan menguyur sebagian wilayah pulau Sumatera tak terkecuali di Sumatera Barat. Pada saat itu 3 kejadian alam terjadi secara bersamaan yakni hujan lebat, gempa dan gunung Marapi yang meletus.

Pada pukul, 22.33 WIB, Gunung Marapi yang terletak di dua Kabupaten dan satu Kota itu meletus dan menyemburkan abu vulkanik. Namun hanya sebagian warga yang menyadari hal itu akibat hujan lebat yang mengguyur daerah tersebut sejak sore.

“Pada malam tadi terjadi letusan, dari rekaman seismik termasuk besar, terjadi sekali dengan amplitudo 29.4 milimeter (mm), durasi gempa 40 detik,” ujar Petugas Pos Pengamat Gunung Api (PGA) Marapi, Warseno, Minggu (15/11/2015).

Dari laporan masayarakat, menurut Warseno hanya segelintir orang saja yang menyadari peristiwa tersebut. Hal ini terjadi karena hujan besar dan letusannya nampak samar-samar kurang nampak secara visual. Bagi masyarakat awam tentu sulit untuk mendeteksinya

Warseno menjelaskan, surat rekomendasi yang dikeluarkan Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) bernomor 1385/45/BGL.V/2011 tentang peningkatan status Gunung Marapi belum dicabut. Dalam surat tersebut dijelaskan, status Gunung Marapi meningkat, dari Normal (level I) menjadi Waspada (level II).

Sejak 2011 hingga saat ini masyarakat ataupun pendaki masih melakukan aktifitasnya walaupun kondisi gunung Marapi masih berstatus waspada. (news.liputan6.com)

Facebook Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *