Gunung Yang Berada di Nusa Tenggara Timur Ini Erupsi Setiap 20 Menit Sekali

gunung-indonesia.com — Gunung ini memang tak setenar gunung-gunung Indonesia lainnya namun keunikannya dipastikan tidak akan kita temukan di gunung-gunung Indonesia lainnya. Gunung Batutara merupakan gunung berapi aktif (Stratovolcano) yang bernama Pulau Komba. Pulau yang berjarak kurang lebih 48 kilometer dari Pulau Lembata ini merupakan Pulau kecil tak berpenduduk.

Kendati sebagai gunung berapi aktif, tidak banyak catatan mengenai Aktivitas letusan Gunung Batutara. Badan Geologi dan Meteorologi mencatat, Gunung Batutara meletus pertama kali tahun pada tahun 1847 dan tahun 1852. Gunung dengan ketinggian 470 meter di atas permukaan laut (dpl) itu tercatat terakhir kalinya meletus tahun 2007 lalu, yang mengakibatkan lebih dari 1.000 penduduk Lembata dievakuasi.

Letusan Batutara seperti Pesta Kembang Apii. Credit Picture : indotravells
Credit Picture : okezone

Gunung Batutara hanya dapat dikunjungi melalui rute laut. Umumnya wisatawan berangkat dari Pulau Lembata pada dini hari untuk menyaksikan pertunjukan erupsi Gunung Batutara bak pentas pesta kembang api. Menurut penuturan guide dan wisatawan, Gunung Batutara mengalami erupsi kecil setiap 20 menit sekali, hal tersebut tentunya menjadi daya tarik serta keunikan tersendiri yang tidak ditemukan di Gunung Indonesia lainnya. Namun tentunya kunjungan ke gunung Batutara demi keamanan dan kenyamanan harus disertai dengan prosedur safety yang berlaku maka sangat disarankan dipandu oleh Guide yang berpengalaman. Gimana guys, Berminat berkunjung ke salah satu gunung yang disebut-sebut mirip Gunung Kilauea dari negara Hawaii ini ?

Credit Picture Instagram : @sukriemaking12
Credit Picture : florent mamelle

 

 

Facebook Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *