Indonesia Punya ! Gunung Api Bawah Laut Banua Wuhu

 

gunung banua wuhu instagram gunung-indonesia.com
Credit Picture via sanghiespice.com

gunung-indonesia.com —  Indonesia selain kaya akan gunung-gunung yang menjulang tinggi di daratan, ternyata juga mempunyai gunung api bawah laut di sisi barat daya Pulau Mahengetang, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Gunung Mahangetang oleh masyarakat setempat juga dinamai Gunung Banua Wuhu. Gunung ini merupakan gunung vulkanik bawah laut yang masih aktif. Berdasarkan data yang dihimpun dari PVMBG, Gunung Banua wuhu mempunyai banyak keunikan antara lain :

1. Berada di dua lempeng besar bumi, yaitu Lempeng Australia dan Lempeng Eurasia

image_thumb
Gunung Banua Wuhu berada di dua lempengan bumi

2. Puncak gunung ini berada di kedalaman 6-8 meter dibawah permukaan laut. Jika laut surut Puncak akan menyembul ke permukaan

001_sangiheuniqpost
Puncak Banua Wuhu yang akan timbul ke permukaan saat laut surut via uniqpost.com


3. Sebagai spot diving extreme dengan suhu air berkisar 37 – 38 Celcius dan dapat mengamati aktivitas vulkanik langsung seperti gelembung-gelembung yang seakan berbaris tiada hentinya.

banua-wuhu-wisatasangihe-blogspot
Berani “Mendaki” ke Gunung Banua Wuhu ?

Kehidupan biota laut juga tak kalah menarik, koloni  terumbu karang yang rapat dan sehat terhampar di kedalaman 10 meter hingga 20 meter. Dari beberapa bagian terumbu karang tersebut muncul gelembung-gelembung hasil aktivitas vulkanik. Maka sangat tidak disarankan menyelam tanpa menggunakan peralatan safety guna menghindari kontak langsung pada gelembung ataupun lubang gelembung bersuhu tinggi tersebut.

yacthlorelei-blogspot
Cantiknya Terumbu karang di sekitar spot Banua Wuhu via yacthlorelei.blogspot.com

Ada yang berminat muncak ke Gunung Banua Wuhu ? Gausah bawa keril berisi logistik, kamu cuma perlu bawa oksigen dan peralatan diving aja kok 😀 

Facebook Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *