‘Mountable’. Alat Komunikasi Tanpa Sinyal dan Internet Untuk Pendaki Gunung


gunung-indonesia.com – Mountable merupakan produk layanan komunikasi, informasi, dan pemantauan pada yaitu area tanpa sinyal dan tanpa internet.

Problem terkait keselamatan pendakian dapat diatasi dengan sebuah alat komunikasi yang diberinama Mountable Monitoring and Emergency System Using Internet of Things in Mountaineering Area). Alat ini dapat digunakan tanpa sinyal seluler dan tanpa internet khususnya pada area pendakian gunung.

Mountable dikembangkan oleh empat peneliti dan pengajar Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Mereka adalah Valda Orchidea Zahwa S.T; Yudha Dwiputra S.T; Prof. Dr. -Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M. Eng; dan Dr. Yohan Suryanto S. T., M.T.

Lewat inovasi yang mereka kembangkan, mereka ingin meningkatkan keamanan pendaki gunung dengan memanfaatkan teknologi. Mountable berhasil meraih penghargaan medali emas dalam ajang Indonesian International Invention Festival 2019 yang berlangsung pada 22 – 25 April di Malang, Jawa Timur.

Sistem Mountable telah dipakai oleh 55 pendaki dan telah menyelamatkan sembilan pendaki yang terjebak badai di Gunung Sumbing. Mountable dikembangkan berbasis IoT (Internet of Things)  dengan sistem yang terdiri atas tracking tools, pemancar sinyal, website, dan aplikasi.

Seluruh sistem tersebut terintegrasi menggunakan jaringan LoRa (Long Range) yaitu teknologi nirkabel yang memiliki cakupan luas (wireless Wide Area Network) dengan konsumsi power yang kecil – sehingga memiliki ketahanan baterai hingga 2 bulan.

Jika dibandingkan alat komunikasi seperti HT/Walkie Talkie/dan sejenisnya, Mountable memiliki sejumlah keunggulan, diantaranya menggunakan teknologi Internet of Things. Sehingga biaya produksi dan biaya operasional jauh lebih murah dibandingkan semua produk sejenis yang menggunakan komunikasi satelit.

Untuk info lebih lanjut cek website : mountable.id

Facebook Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *