Si Cantik ini Nyaris Hilang di Gunung Semeru

gunung-indonesia.com — Pesona Gunung Semeru memang tak ada habisnya. Bentang alam disetiap sudutnya menyimpan sejuta pesona yang bisa membius setiap mata. Tak terkecuali Anggrek Selop, Si Cantik yang nyaris punah.

Anggrek Selop (Paphiopedilum glaucophyllum) merupakan salah satu tanaman endemik gunung Semeru. Sesuai dengan namanya yang unik, anggrek selop atau anggrek kasut berbulu struktur bunganya yang sekilas nampak seperti selop, kasut, atau sepatu. Nama anggrek selop mungkin terdengar asing bagi para pendaki gunung Semeru karena sangat jarang ditemukan di jalur pendakian. Anggrek jenis ini kini hanya bisa dijumpai di daerah tebing-tebing tinggi yang sulit dijangkau.

Anggrek selop masuk dalam daftar 29 anggrek yang dilindungi Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tanggal 27 Januari 2009. Pemerintah memasukkan anggrek selop sebagai anggrek yang diprioritaskan untuk dikonservasi. Anggrek selop juga masuk dalam daftar Apendiks 1 Konvensi Perdagangan Internasional untuk Tumbuhan dan Satwa Liar (Convention on International Trade in Endangered Species/CITES) sehingga tidak boleh diperdagangkan dalam bentuk apa pun.

Keindahan dan keunikan spesies anggrek ini membuat perburuan tidak terkendali, sehingga semakin langka di habitat aslinya. Minimnya pegetahuan akan pentingnya menjaga keunikan dan kekayaan alam suatu daerah juga menjadi kendala yang selama ini harus kita beri perhatian lebih.

“KENALI, SAYANGI & LINDUNGI.”

 

Facebook Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *