Sudah Kenal Belum 3 Gunung Cantik Dari Timur Indonesia Ini ?

gunung-indonesia.com — Indonesia sebagai negara dengan gunung-gunung yang membentang dari Sabang sampai Merauke memang pantas disebut sebagai negara Cincin Api. Dari sebanyak 129 gunung api di Indonesia atau 13 persen dari seluruh gunung api di dunia, terbentang dari pulau Sumatera menyusuri pulau Jawa kemudian menyeberang ke Bali, Nusa Tenggara hingga bagian timur Maluku dan berbelok ke utara pulau Sulawesi. Namun dari 129 gunung api Indonesia, masih banyak gunung-gunung lainnya yang belum dikenal oleh masyarakat luas, seperti gunung-gunung cantik dari Timur Indonesia berikut ini :

1. Gunung Ibu, Pulau Halmahera, Maluku utara

gunung-ibu
Photo by instagram @yourpalthepilot

Gunung Ibu 1.325 mdpl adalah stratovolcano yang terletak di barat laut Pulau Halmahera, Maluku utara. Puncak gunung merupakan kawah vulkanik. Pusat kawah memiliki lebar 1 km dan kedalaman 400 m, Sementara bagian luar memiliki lebar 1.2 km. Terdapat banyak kerucut parasit yang terletak di timur laut puncak gunung dan terdapat bagian kecil di bagian barat daya gunung. Terdapat lelehan lava di bagian barat dataran gunung. Selain itu terdapat kawah-kawah kecil akibat letusan gunung di bagian barat dan utara. Dilansir dari situs PVMBG, sejak tahun 2007 Gunung Ibu masih menunjukan aktifitas berbahayanya, sehingga gunung ini masih dinyatakan berstatus Siaga (Level III).

2. Gunung Ile Ape, Lembata, Nusa Tenggara Timur

ile-ape
Photo by instagram @yourpalthepilot

Ile Ape secara harfiah diartikan sebagai Gunung Api (Ile: gunung, Ape: api) Menurut catatan, gunung dengan tinggi 1.450 meter di atas permukaan laut ini pernah meletus sebanyak enam kali, terhitung sejak tahun 1660, tahun 1819, 1864, 1889, 1920 dan terakhir pada tahun 1921. Pada awal tahun 2012 sempat dikabarkan bergejolak, namun tak sampai meletus.

3. Gunung Gamkonora, Pulau Halmahera, Maluku Utara

gamkonora
Photo by instagram @yourpalthepilot

Gunung Gamkonora juga dikenal dengan nama Gamkunora atau Gammacanore mempunyai ketinggian sekitar 1635 mdpl. Gunung tertinggi di pulau Halmahera ini secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara. Letusan Gamkonora dimasa lampau telah membentuk kawah yang memanjang dari utara sampai ke selatan yang berjumlah 4 kawah, yaitu Kawah A, Kawah B, Kawah C dan Kawah D. Menurut catatan PVMBG Letusan terbesar Gamkonora terjadi pada tahun 1673 yang disusul dengan tsunami yang meluluhlantakkan desa-desa disekitarnya.

Gimana ? mimin yakin kalian berdecak kagum melihat gunung-gunung tersebut. Memang benar ya ungkapan “semakin timur indonesia, semakin cantik alamnya” tak hanya pantai dan kekayaan budayanya, begitupun dengan gunung-gunungnya. Salam Lestari

Facebook Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *