Tempat Terakhir Di Bumi Itu Bernama Leuser

 

leuser-gunungindonesia

gunung – indonesia.com —  Tempat terakhir itu bernama Leuser. Kawasan pelestarian alam seluas 2.6 Juta Hektar ini merupakan paru-paru dunia sekaligus benteng pertahanan terakhir yang melindungi satwa-satwa langka seperti Gajah Sumatera, Harimau Sumatera, Beruang madu, Orang utan serta Badak Sumatera yang hidup saling berdampingan.

Taman Nasional Gunung Leuser berada di wilayah 2 provinsi, yaitu Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Provinsi Sumatera Utara. Bentuk ekosistemnya unik, terdiri dari tipe ekosistem hutan pantai dan hutan hujan tropika daratan rendah sampai pegunungan, hal tersebut membuat Leuser sangat cocok sebagai rumah bagi habitat satwa langka dan endemik Indonesia. Satwa-satwa langka tersebut adalah satwa kunci yang harus dilindungi untuk menjaga keseimbangan ekosistem hutan Leuser. Satwa-satwa tersebut juga berperan sebagai indikator penting mengenai kondisi kesehatan ekosistem hutan.

Seperti Harimau, Satwa kharismatik ini berperan sebagai top predator, mengendalikan populasi herbivora. Gajah dan Badak, dua satwa bertubuh besar ini berperan menyebarkan benih dan pupuk organik, merawat hutan lewat nafsu makannya yang besar. Orangutan, disebut umbrella spesies karena memegang peranan penting bagi regenerasi hutan melalui buah-buahan dan biji-bijian yang mereka makan. Hilangnya orangutan mencerminkan hilangnya ratusan spesies tanaman dan hewan pada ekosistem hutan hujan tropis. Dan masih banyak lagi peran peran satwa langka bagi terciptanya hutan yang sehat.

Leuser hari ini kian terancam setelah Pemerintah Aceh menghapus kawasan ini dari Rencana Tata Ruang Pemerintah Aceh (RTRWA). Kebijakan pemerintah daerah Aceh ini dinilai tidak berpihak kepada masyarakat dan akan membuat pegunungan Leuser rusak karena industri-industri berujung exploitasi dapat leluasa masuk ke wilayah konservasi Leuser. Lagi – lagi, kepentingan pembangunan kembali menjadi alasan yang akan mengusir keberadaan satwa langka dari rumahnya.

Padahal Jika kita sadari, Hutan dan satwa memiliki peranan penting untuk keseimbangan ekosistem dan keberlanjutan bumi, Apa yg dilakukan hutan dan satwa pada dasarnya untuk kebaikan manusia sendiri.  Apakah satwa langka Indonesia perlu diselamatkan? Kita semua pasti sudah tahu jawabannya. Let’s start with small things!

Menyelamatkan satwa = menyelamatkan hutan, menyelamatkan hutan = menyelamatkan bumi.

Selamatkan Leuser dari serangan negara api !

Facebook Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *