Blue Fire – Daya Tarik Kawah Ijen yang Mendunia

blue fire kawah ijen indonesia bondowoso jawa timur

Kawah Ijen hingga saat ini masih jadi obyek pariwisata unggulan Indonesia di Banyuwangi. Namanya sudah mendunia dan terbukti dari jumlah wisatawan yang terus meningkat tiap tahun. Pengelolaannya pun sudah sangat baik sehingga memudahkan wisatawan datang berkunjung.

Destinasi ini ada di puncak gunung Ijen dengan ketinggian 2.368 m di atas permukaan laut. Luas wilayah obyek wisata sekitar 2.560 hektare. Letaknya ada di Kecamatan Licin, Banyuwangi dan Kecamatan Klobang, Bondowoso. Untuk ukuran kawah sekitar 960 x 600 m dengan kedalaman lebih dari 200 m.

Uniknya kawah ini terletak di tengah kaldera paling luas di Pulau Jawa. Tak hanya itu, kawah Ijen dikenal sebagai kawah terasam terebsar di dunia. Tingkat keasaman mendekati nol dan sangat berbahaya. Tubuh manusia bisa larut dengan cepat dan memiliki suhu kawah mencapai 200 derajat. Namun semua gambaran itu terbiaskan dengan pesona menakjubkan yang akan Anda temukan.

Pesona Kawah Ijen yang Unik

Keindahan Kawah Ijen bisa Anda nikmati dengan maksimal dari puncak gunung. Layaknya pemandangan ala puncak, Anda akan melihat hamparan hijau dan bebatuan yang berpadu dengan langit cerah. Menariknya Anda juga bisa menikmati danau besar berwarna hijau kebiruan. Danau tersebut berkabut dan berasap belerang.

Di lereng kawah ada pohon manisrejo yang tumbuh dengan daun kemerahan. Sementara dinding batu kawah berwarna kekuningan. Sangat mengesankan dan cantik. Apalagi jika dilihat saat matahari terbit atau tenggelam dengan pantulan cahayanya.

Apa hanya itu? Tentu saja tidak. Ada satu keunikan Kawah Ijen yang sukses menyedot perhatian wisatawan. Yakni fenomena api biru atau ‘blue fire’. Kemilau cahaya biru tersebut akan Anda jumpai di tengah-tengah penambangan sulfur. Penampakannya hanya terlihat saat malam hingga menjelang pagi.

Jadi selama 24 jam Kawah Ijen akan memberikan pengalaman tak terlupakan untuk Anda. Ia seolah melakukan pertunjukan indah non-stop. Fenomena langka blue fire terjadi karena semburan belerang cair dari dalam Kawah Ijen. Banyak peneliti yang juga datang untuk menyaksikan secara langsung blue fire.

Satu lagi keunikan wisata satu ini ialah aktivitas para penambang belerang. Banyak turis yang dibuat geleng-geleng kepala dengan aksi berani penambang tradisional. Ya, mereka mendekati dasar Kawah Ijen yang bersap cukup tebal. Menggali belerang dengan peralatan seadanya lalu dipikul. Secara gratis Anda bisa menyaksikan live bagaimana proses penambangan belerang secara tradisional.

Jalur Perjalanan ke Kawah Ijen

Ada 2 jalur utama yang digunakan menuju Kawah Ijen, yakni lewat Banyuwangi atau Bondowoso. Namun, mayoritas turis berangkat dari Kota Banyuwangi. Rutenya Banyuwangi – Licin – Pal Tuding – Ijen. Transportasi ditempuh lewat kendaraan darat, mulai dari motor, mobil atau minibus.

Anda juga bisa memakai transportasi umum dari terminal banjarsari menuju Licin. Dari Licin lanjutkan perjalanan sekitar Pal Tuding. Ini merupakan titik pertemuan jalur dari arah Banyuwangi dan Bondowoso. Arah menuju Pal Tuding cukup ektrim dan berkelok-kelok.

Sesampainya, Anda wajib membayar tiket masuk dan melaporkan pendakian ke petugas PHPA. Anda juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan. Untuk tiket masuk dipatok harga Rp 5000 (hari kerja) dan Rp 7500 (hari libur). Turis asing dikenakan Rp 100.000 (hari kerja) dan Rp 150.000 (hari libur).

Jika Ingin bermalam dan menyewa penginapan dikenakan biaya sekitar Rp 150.000 per malam. Bila hendak camping ada biaya tambahan sekitar Rp 15.000. Anda juga akan dikenakan biaya tambahan bila membawa alat perekam maupun kamera. Selain itu juga ada penyewaan sleeping bag.

Dari Pal Tuding Anda masih harus mendaki sekitar 2 jam. Anda bisa beristirahat sejenak di Pondok Penambangan Belerang setelah 1,5 jam perjalanan. Setelahnya Anda pun bisa mencapai Kawah Ijen dengan setengah jam perjalanan. Jangan khawatir soal makanan, karena dari Pal Tuding maupun Pondok banyak warung dan toko.

Berwisata ke Kawah Ijen

Sama halnya dengan obyek wisata gunung lainnya, Anda memiliki banyak alternatif pilihan. Mulai dari berwisata sendiri menuju lokasi atau menyewa jasa agen travel. Banyak paket tour murah yang menawarkan liburan menyenangkan ke Kawah Ijen.

Mereka memberikan fasilitas beragam yang memudahkan perjalanan Anda. Seperti penginapan, makanan, transport, tiket dan pemandu. Pilih cara terbaik yang paling pas dengan budget, waktu dan harapan Anda.

Jika Anda memilih perjalanan mandiri atau backpackeran pun juga sangat menarik. Banyak penginapan, transportasi dan warung makan yang bisa jadi pilihan. Anda tak perlu repot membawa banyak bekal karena fasilitas atau akomodasi cukup memadai.

Tips Nyaman dan Aman Berwisata ke Kawah Ijen

  • Perhatikan Waktu Terbaik. Momen terbaik menikmati keindahan Kawah Ijen ialah saat musim kemaru (bulan Juli-September). Musim hujan jalan menjadi licin dan cukup berbahaya untuk mendaki.

    Timing terbaik ialah saat pagi hari yakni sekitar jam 05.00 WIB. Namun jika Anda ingin melihat blue fire, pendakian minimal pukul 23.00 WIB. Api biru akan terlihat jelas dan indah di jam 03.00 WIB dini hari.
  • Perhatikan Pakaian dan Perlengkapan Mendaki. Sebaiknya hindari memakai celana jeans. Pilih celana berbahan kain atau cargo. Gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan pendakian. Jangan lupa juga membawa syal, tutup kepala, tutup telinga dan jaket tebal. Ini akan menjaga suhu tubuh Anda tetap hangat di suhu udara dingin. Masker juga diperlukan untuk menghindari asap belerang selama pendakian ke Kawah Ijen. Baca tips lengkapnya disini.

You May Also Like

cagar alam tegal panjang papandayan

Jika Kamu Pendaki atau Traveler Yang Masih Punya Rasa Peduli, Please Jangan Berkunjung Ke Tegal Panjang

kembang api tahun baru di atas gunung

Kembang Api, Terompet dan Petasan Bukan Untuk Dibawa dan Digunakan Di Gunung

cuaca ekstrim di gunung rinjani

Tetap Mendaki Gunung Meski Cuaca Ekstrem ? Ini Tipsnya

mendaki di musim hujan

Dear Pendaki, Simpan Rindumu Pada Ketinggian Sampai Cuaca Membaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *