Dear Pendaki, Simpan Rindumu Pada Ketinggian Sampai Cuaca Membaik

mendaki di musim hujan

gunung-indonesia.com — Cuaca ekstrem sedang melanda di gunung-gunung Indonesia, diharap kepada para pendaki untuk sejenak menyimpan kerinduannya pada ketinggian sampai cuaca bersahabat lagi mengingat akhir-akhir ini hujan deras, angin kencang, hingga pohon tumbang terjadi di beberapa gunung indonesia.

PicsArt 11 29 09.27.55 Kejadian Pohon tumbang di Pos Kandang batu Gunung Gede pangrango via cibodas, beruntung tak ada korban jiwa. Pict via Facebook kpgir

Badai di Gunung Merbabu :

Badai di Gunung Kerinci :

Beberapa pengelola Gunung Indonesia pun mengambil langkah yang tepat dengan menutup sementara jalur pendakiannya untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Seperti Jalur pendakian Gunung Lawu, Gunung Gede Pangrango dan Gunung Prau ditutup sampai waktu yang belum ditentukan.

PicsArt 11 30 03.48.01 Surat edaran resmi penutupan jalur pendakian Gunung Gede pangrango lawu ditutup Sumber instagram @relawan.ceto prau Pemberitahuan penutupan jalur pendakian Gunung Prau. Sumber @mahaprau

Berdasarkan pengamatan kami dalam waktu sepekan ini cuaca di gunung-gunung Indonesia memang cenderung hujan setiap harinya, wajar saja karena menjelang akhir tahun indonesia memasuki puncak musim penghujan dengan intensitas hujan yang cukup tinggi. Bagi sobat yang ingin tahu gambaran cuaca gunung-gunung di Indonesia dipersilahkan mengakses situs freemeteo.co.id atau mountain-forecast.com. Kedua situs tersebut memberikan informasi cuaca gunung yang cukup akurat dan mudah untuk diakses, cukup tuliskan nama gunung yang ingin diketahui cuacanya pada kotak ‘pencarian’ di situs tersebut.

cari Tampian situs freemeteo.co.id mf Tampilan Situs Mountain-forecast.co.id

Selain itu, bertanya langsung kepada pengelola/basecamp gunung juga bisa jadi opsi lainnya untuk mengetahui buka tutupnya atau potensi bahaya cuaca ekstrem di gunung tersebut. Dengan mengetahui gambaran seputar cuaca gunung yang akan dikunjungi, harapannya para pendaki dapat semakin waspada, mempersiapkan pendakian dengan sematang mungkin atau bahkan mengatur ulang jadwal kunjungannya.

Sebenarnya tidak ada yang melarang mendaki di saat kondisi cuaca yang ekstrem, kecuali jika gunung yang akan dikunjungi sedang ditutup jalur pendakiannya, ini baru nggak boleh ya sob. Setiap pendaki berhak menentukan pilihannya masing-masing dan tentunya harus siap menanggung konsekuensi terhadap apa yang menjadi pilihannya.

Hanya saja melakukan pendakian disaat cuaca sedang ekstrem resiko yang dihadapi akan lebih banyak dan juga setiap pendaki pasti menginginkan pendakiannya berjalan lancar apalagi jika ditambah bonus pemandangan indah yang sepertinya jarang akan kalian dapatkan ketika mendaki disaat cuaca ekstrem.

tembok Gagal dapet view alias view tembok

“Tapi kan min waktu liburnya kan baru sekarang. Udah direncanain dari lama pula, masa harus gagal sih.. nahan rindu itu berat min :(( ”

Kembali ke pilihan masing-masing ya sob. Saran mimin bagi yang gagal menahan rindu pada ketinggian karena berbagai alasan didalamnya :

  1. Lakukan persiapan pendakian sematang mungkin sedetail mungkin (Contoh : Jas hujan yang layak pakai, tenda anti badai dan tidak bocor, pakaian ganti, berpakaian sesuai standar pendakian, dll)
  2. Sebelum melakukan pendakian hubungi pihak basecamp terlebih dahulu untuk mengetahui buka/tutupnya gunung yang akan dikunjungi mengingat sering dilakukannya penutupan secara mendadak.
  3. Waspada potensi bahaya & antisipasi mendaki di bawah cuaca ekstrem (bahaya pohon tumbang, angin kencang, petir, dll)
  4. STOP lakukan pendakian jika cuaca semakin ekstrem. Jangan dilanjutkan atau menetap sementara.
  5. Saling mengontrol, saling pengertian antar sesama teman pendakian,
  6. Jujur akan kondisi diri (Contoh : sudah lelah, ngedrop, sakit, tidak bisa melanjutkan perjalanan)
  7. Perhatikan tanda alam, waspada saat memutuskan tempat berteduh atau membuat tenda (Contoh : Pohon yang rapuh, hampir tumbang)
  8. Evaluasi pendakian jika cuaca semakin ekstrem atau ada kendala dari teman sependakian. Tidak dilanjutkan atau menetap sementara.

 “Duh kok jadi makin galau. Kalau rekomendasi mimin gimana ? ”

“Takkan lari gunung dikejar”, rekomendasi dari mimin sih sementara ini baiknya tahan dulu rindumu pada ketinggian. Kalau kalian siap dengan segala konsekuensinya boleh saja pergi mendaki. Tapi kalau kalian rasa mendaki disaat cuaca ekstrem semakin menambah beban pendakian, baiknya simpan dulu rindumu pada ketinggian sampai ekonomi cuaca membaik.

(Baca Juga : Tetap Mendaki Gunung Meski Cuaca Saat Ini Ekstrem ? Simak Dulu Yuk Tips-Tips Berikut Ini! )

You May Also Like

cagar alam tegal panjang papandayan

Jika Kamu Pendaki atau Traveler Yang Masih Punya Rasa Peduli, Please Jangan Berkunjung Ke Tegal Panjang

kembang api tahun baru di atas gunung

Kembang Api, Terompet dan Petasan Bukan Untuk Dibawa dan Digunakan Di Gunung

cuaca ekstrim di gunung rinjani

Tetap Mendaki Gunung Meski Cuaca Ekstrem ? Ini Tipsnya

jalur-pendakian-rinjani

Cara Booking Online Pendakian Gunung Rinjani