DILARANG MEMBAWA TISSUE BASAH DI GUNUNG-GUNUNG JAWA TENGAH INI

gunung indonesia | Desember 14, 2018 | ARTIKEL, kabar gunung |

gunung-indonesia.com –  Belum lama ini beberapa pengelola gunung di Jawa Tengah kompak membuat aturan pelarangan penggunaan tissue basah di gunung karena menjadi salah satu sumber pencemaran.

dilarang membawa tissue basah di gunung jawa tengah ini Kesepakatan Bersama Basecamp-Basecamp Gunung di Jawa Tengah

Keputusan tersebut di sepakati oleh Perhutani, LMDH, dan seluruh pihak basecamp di Wilayah Hutan Kedu Utara dimana sejak tanggal 12 November 2018 telah resmi peraturan pelarangan Membawa Tissue Basah di Beberapa gunung di Jawa Tengah.

Adapun Gunung-gunung tersebut yaitu :

1. Gunung Prau 2. Sindoro 3. Sumbing 4. Kembang 5. Andong 6. Ungaran 7. Bismo 8. Telomoyo 9. Pakuwaja

10. Sigandul

Untuk selanjutnya basecamp terkait yang mengikuti peraturan tersebut akan melakukan pengecekan barang bawaan pendaki sebelum melakukan pendakian. Dan jika nantinya terdapat pihak yang kedapatan membawa Tissue Basah akan disita dan akan dikembalikan saat hendak kembali ke rumah masing-masing.

Adapun alasan yang menguatkan pelarangan membawa Tissue basah tersebut antara lain :

1. Tissue basah mengandung plastik yang membuatnya lama terurai oleh tanah.

2. Tissue basah biasanya di gunakan untuk keperluan buang air kecil & buang air besar. Namun yang jadi masalah selama ini adalah soal pembuangannya. Karena pada umumnya setelah dipakai tissue basah di buang sembarangan seperti di area hutan yang jelas-jelas mencemari alam.

3. Sampah tissue basah adalah sampah terbanyak yang di temukan saat event bersih-bersih gunung.

4. Aroma yang dihasilkan dari Tissue Basah yang telah dipakai dan dibuang sembarangan dapat mengundang datangnya hewan liar yang dikhawatirkan dapat membahayakan hewan liar itu sendiri dan juga juga manusia di sekitarnya.

Namun dari pelarangan tersebut juga menimbulkan pertanyaan di kalangan pendaki oleh karena kegunaan tissue basah yang dianggap efektif dan antiseptik, para pendaki sering mengandalkan tissue basah untuk tujuan tertentu seperti membersihkan noda atau sisa-sisa kotoran yang menempel.

Berdasarkan kesimpulan dari #surveypendaki yang dilakukan instagram @gunungindonesia pada 21 November 2018 solusi pengganti tissue basah yang bisa dipakai oleh pendaki adalah :

1. Mengandalkan kanebo 2. Tissue kering yang dibasahi oleh cairan antiseptik/air bersih

3. Melakukan tindakan preventif sebelum pendakian seperti Meminum obat anti diare untuk mencegah buang air besar di gunung

Screenshot 20181214 074657 1

Screenshot 20181214 074715 2Screenshot 20181214 074725 1

Screenshot 20181214 074741

Setujukah sobat tentang pelarangan membawa tissue basah di gunung ? atau kalian punya solusi lain pengganti tissue basah ? Share ya di kolom komentar.

You May Also Like

bukit pemedengan sajang

Di Bukit Pemedengan Nikmati view Rinjani & Kopi Sajang

jalur-pendakian-rinjani

Daftar Buka & Tutup Jalur Pendakian Gunung Indonesia Tahun 2020 ( SELALU UPDATE )

bg-about-jpg

Daftar Gunung Yang Ditutup Per Bulan September 2019